muharram adruce noor blog's

muharram adruce noor blog's

Rabu, 06 November 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEMATIK KURIKULUM 2013
KELAS I

Tema                   : Diriku
Subtema                     :  Aku dan Teman Baru


Tugas ini disusun untuk Memenuhi Tugas pada Mata Kuliah Pendidikan IPA SD
Dosen Pengampu : Sutji Wardhayani, S.Pd., M.Kes.

Oleh :
Muharram Adruce Noor                      1401412323



PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                              : SEKOLAH DASAR
Kelas/Semester                                    : I (SATU) / 1(satu)
Tema / Topik                                       : DIRIKU
Sub Tema                                            : 1.Aku dan Teman Baru
Pertemuan Ke- /Pembelajaran ke-       : 5 (1ima)
Alokasi Waktu                                    : 1 (SATU ) HARI

A.    Kompetensi Inti
1.      Menerima dan menjalankanajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,teman,dan keluarga.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk hidup ciptaan tuhan dan kegiatannya dan benda benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam nahasa yang jelas dan logis ,dalam karya yang efektif, dalam gerakkan yang mencerminkan anak sehat, dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.     Kompetensi Dasar
1.   Matematika
3.11. Menentukan urutan berdasarkan panjang pendeknyanya benda, tinggi rendahnya tinggi badan dan urutan kelompok berdasarkan jumlah anggotannya.
2.    B.Indonesia
4.1. Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra,wujud dan sifat benda serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa indonseia lisan dan tulis yang dapat ditulis dengan kosakata berbahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.   PJOK
3.3 Memahami pengertian pola gerak dasar seperti gerak lokomotor, nonlokomotor dan manipulatif
4.1 Mempraktikan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep tubuh, ruang, hubungan dan usaha).
C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
Matematika     : Mengurutkan bilangan 1 – 5.
Indonesia        : Menebalkan angka 1 – 5 sesuai dengan benda
PJOK              : 1. Melakukan gerakan lokomotor sesuai dengan arahan guru.
  2. Melakukan gerakan lokomotor berlari berpasangan.
D.    Tujuan pembelajaran :
1.      Setelah mendengar arahan dari guru siswa dapat mempraktikan gerakan lari dengan benar.
2.      Dengan memperhatikan contoh dari guru,siswa siswa dapat mempraktikan lari berpasangan sambil berpegangan dengan benar.
3.      Dengan permainan kartu angka, siswa dapat mengurutkan bilangan 1 – 5 dengan benar.
E.     Materi ajar
Matematika ;  
1. Mengurutkan bilangan bersama 1 – 5 dengan benar
2. Bermain sambil mengurutkan bilangan 1 -  5
Bahasa Indonesia ;     
1. Menebalkan angka 1 – 5
2. Mengurutkan dari yang terkecil
PJOK
1. Bermain bersama teman ( kegiatan praktik )
2.Berlari berpasangan dengan teman.
F.      Pendekatan dan Metode pembelajaran
a.       Pendekatan Scientific Strategi                  d. Tugas
b.      Cooperative Learning                               e. Demonstrasi
c.       Metode Tanya jawab dan Diskusi                        f. Eksperimen.
G.    Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan : 10 menit
1.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.      Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
3.      Menanyakan tugas piket agar bersih dan nyaman dalam belajar.
4.      Menginformasikan tema ”yang akan dipelajarai yaitu tentang Diriku, sub tema Aku dan Teman Baru .”

Kegiatan INTI : 150 menit
PJOK
1.      Guru mengajak siswa keluar kelas, seluruh siswa diminta berbaris dengan rapi sesuai dengan urutan tinggi badan.
2.      Siswa diminta melakukan pemanasan sebelum melakukan olah raga.
3.      Siswa diminta berlari keliling lapangan.
4.      Siswa diminta untuk mencari pasangan yang telah ditentukan oleh guru sebelumnya.
5.      Siswa diminta untuk saling berpegangan tangan.
6.      Siswa diminta berlari mengelilingi lapangan sambil berpegangan tangan.
7.      Setiap pasangan tidak boleh menyenggol pasangan lainnya.
8.      Kegiatan ditutup dengan menanyakan pengalaman siswa saat mengikuti kegiatan.
Matematika
1.      Siswa diajak untuk menghitung dari 1 – 5 lalu menghitung mundur dari 5sampai dengan 1”.
2.      Siswa diminta untuk membentuk kelompok sejumlah 5 orang, tidak boleh lebih.
3.      Guru membagikan kalung angka yang sudah dibuat.
4.      Setiap kelompok mendapatakan satu set kalung bernomor bilangan satu sampai lima.
5.      Masing-masing siswa mendapat satu kalung lalu memakainya. Kalung angka diberikan secara acak kepada setiap anggota kelompok.
6.      Siswa dimta berbaris berurutan dikelompoknya setelah aba-aba dari guru.
7.      Lalu Guru memberi aba-aba agar setiap kelompok  bersiap-siap.
8.      Ulangi kegiatan yang sama tetapi sebelumnya bertukar kalung denga nomor lainnya untuk  mendapatkan pengalaman yang lebih banyak.
Bahasa Indonesia
1.      Siswa diminta kembali kekelas setelah mengikuti pembelajaran diluar kelas.
2.      Siswa diminta untuk masuk ke kelas.
3.      Guru memberikan contoh cara menebalkan angka satu asaampai lima yaitu dari tanda panah berwarna merah.
4.      Siswa diminta untuk mengerjakan latihan menebalkan angka.
5.      Siswa mengerjakan penebalan angka pada halaman buku siswa
6.      Guru dan siswa bersama-sama membuat kesimpulan tentang proses pembelajaran yang telah berlangsung selama satu hari.
7.      Hasil kegiatan dari pekerjaan siswa ditempel dipapan pajangan. Dilanjutkan dengan menasehari siswa agar membiasakan budaya antri sesuai dengan nomor urut kehadiran, punya rasa tanggung jawab dan percaya diri.
Penutup : 15 menit
1.      Bersama siswa membuat kesimpulan pada kegiatan sehari.
2.      Melakukan tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui ketercapaian materi).
3.      Melakukan penilaian hasil belajar.
4.      Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing- masing.
5.      Menutup dengan salam dan menyampaikan salam pada orang tua dirumah.
H.    Media (Alat) dan  Sumber Belajar MEDIA
1.      Kalung angka dari karton bertuliskan nomor 1 – 5 sesuai kebutuhan.
2.      Sumber Belajar : Buku siswa dan buku guru tema 1 sub tema 1 hal 18 s.d. 22
3.      Lingkungan Sekolah (perpustakaan)
4.      Diri anak
I.       Prosedur dan Instrumen Penilaian
1.      Proses                    : Mengamati siswa ketika melakukan gerakan lari berpasangan.
2.      Instrumen             : Penilaian kinerja dan rubrik (terlampir )
3.      Belajar                   : Tes Tertulis.
a.       (Peilaian Produk) Tebalkan angka 1 – 5 pada buku siswa dengan mengikuti tanda panah berwarna merah.
b.      (Penilaian Kinerja) Mengurutkan bilangan dari yeng kecil ke besar atau sebaliknya.


Mengetahui :                                                                                Semarang, 02 Oktober 2013
Kepala Sekolah                                                                             Guru Kelas 1



…………………………                                                             Muharram Adruce Noor
NIP …………………….                                                             NIM 1401412323








Lampiran soal
Buku siswa kelas 1 halaman 18 s.d 22
Penilaian Unjuk permainan
Rubrik Gerakan Berlari Berpasangan








INSTRUMEN TES TERTULIS

2.Penialian Produk


Penilaian Produk
1.      Siswa mengikuti petunjuk pengerjaan dengan  benar.
2.      Siswa dapat mengulang jawaban dan sebagian besar benar.

















3.Penilaian Kinerja   


Penilaian Kinerja
1, Anak dapat mengurutkan dengan benar sesuai petunjuk maka nilainya 100.
2.Anak dalam mengurutkan salah maka pekerjaan dinyatakan salah maka nilainya nol.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar