muharram adruce noor blog's

muharram adruce noor blog's

Rabu, 06 November 2013

RPP KUR 2006

Description: Logo unnes



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN IPA
KELAS IV SEMESTER 1

Disusun guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pendidikan IPA SD
Dosen Pengampu: Sutji Wardhayani, S.Pd, M.Kes.



DisusunOleh :
Muharram Adruce Noor
NIM 1401412323







PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2013


Rencana  Pelaksanaan Pembelajaran

Sekolah/ Satuan Pendidikan            :SD Negeri 1 Bangsal Rejo
Mata Pelajaran                                  : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester                                : IV / 1
Pertemuan Ke                                   : 1 (satu)
Alokasi Waktu                                   : 20 Menit

A.    Standar Kompetensi
5. Memahami hubungan sesama makhluk hidup  dan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
B.     Kompetensi Dasar
5.1  Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas  (simbiosis) dan hubungan “makan dan dimakan” antarmakhluk hidup (rantai makanan).
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
5.1.1. Menjelaskan hubungan khas antarmakhluk hidup (simbiosis).
5.1.2. Mengidentifikasi pasangan makhluk hidup berdasarkan jenis simbiosisnya.
5.1.3  Memberi contoh pasangan makhluk hidup berdasarkan jenis simbiosisnya.
5.1.4 Menjelaskan hubungan makan dan dimakan antarmakhluk hidup (rantai makanan).
5.1.5 Menyusun rantai makanan.
D.    Tujuan Pembelajaran
Melalui pengamatan dan diskusi, peserta didik diharapkan dapat:
1.    Menjelaskan hubungan khas antarmakhluk hidup (simbiosis) dengan benar.
2.    Mengidentifikasi pasangan makhluk hidup berdasarkan jenis simbiosisnya dengan benar.
3.    Memberi contoh pasangan makhluk hidup berdasarkan jenis simbiosisnya dengan tepat.
4.    Menjelaskan hubungan makan dan dimakan antarmakhluk hidup (rantai makanan) dengan tepat.
5.    Menyusun rantai makanan secara urut dengan tepat.
E.      Karakter siswa yang diharapkan :
Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

F.     Materi Ajar
Saling Kebergantungan Antarmakhluk Hidup
1.    Simbiosis
Simbiosis adalah hubungan khas antara dua makhluk hidup yang hidup bersama-sama.
a.       Simbiosis Mutualisme
Simbiosis mutualisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang saling menguntungkan.
b.      Simbiosis Komensalisme
Hubungan antara dua makhluk hidup yang hanya menguntungkan salah satu pihak, tetapi tidak merugikan pihak lain disebut simbiosis komensalisme.
c.       Simbiosis Parasitisme
Hubungan antara dua makhluk hidup yang salah satunya dirugikan sedang yang satunya diuntungkan disebut simbiosis parasitisme.
2.      Rantai Makanan
Rantai makanan adalah peristiwa makan dan dimakan antara makhluk hidup dengan urutan tertentu. Rantai makanan ini terjadi pada sebuah ekosistem. Misalnya pada ekosistem sawah terdapat padi, tikus, ular dan elang. Urutan rantai makanan yang terjadi yaitu padiàtikusàularàelang.
G.    Metode Pembelajaran
1.      Metode            : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, kerja kelompok dan diskusi melihat tayangan audio visual.
2.      Pendekatan    : Konstruktivis.
3.      Model              : Interaktif.
H.    Kegiatan Belajar Mengajar
1.       Kegiatan Pendahuluan( 5 Menit)
1.         Pra Kegiatan
a.     Guru memberikan Salam.
b.    Guru mengajak Berdoa siswa.
c.     Guru melaksanakan Absensi peserta didik
2.         Kegiatan Awal
a.    Guru menyampaikan apresepsi dengan tanya jawab menegnai materi yang akan disampaikan.
b.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
c.    Guru memberikan motivasi dengan senam otak sambil diiringi musik.

2.       Kegiatan Inti 1 ( 5 Menit )
Eksplorasi
a.     Peserta didik mengamati gambar salah satu jenis simbiosis (kupu-kupu hinggap di bunga).
b.    Guru bertanya: “Apakah kamu pernah melihat kupu-kupu hinggap di bunga?”. “Apa yang terjadi dari peristiwa tersebut?”, “Apakah yang dilakukan kupu-kupu merugikan bunga?”,”Mengapa?”.
c.     Siswa diminta untuk mencatat jawaban masing-masing pada buku catatan masing-masing.
Elaborasi
a.     Guru bertanya: “Apa saja yang ingin kamu ketahui, kemukakanlah!”.
b.    Guru menuliskan pertanyaan-pertanyaan siswa pada papan tulis. Guru dan siswa memilih pertanyaan-pertanyaan yang ingin diketahui jawabannya melalui penyelidikan.
c.     Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok.
d.    Guru meminta siswa untuk menentukan urutan pertanyaan yang ingin diketahui jawabannya melalui penyelidikan secara berkelompok.
e.    Peserta didik mengerjakan lembar Kerja secara berkelompok.
f.     Peserta didik dipandu oleh guru mendiskusikan hasil penyelidikannya dan membandingkannya dengan jawaban pada pengetahuan awal mereka.
Konfirmasi
a.     Setelah menyelesaikan diskusi kelas, guru meluruskan kesalahan pemahaman.
b.    Peserta didik diajak untuk menyimpulkan pembelajaran menjadi suatu konsep baru.
c.     Guru memberikan penguatan.
d.    Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya.
3.        Kegiatan Inti 2 (5 Menit)
Eksplorasi
a.     Peserta didik mengamati gambar ekosistem sawah.
b.    Guru bertanya: “Makhluk hidup apa saja yang ada di gambar ini?”, “Antara makhluk hidup yang satu dengan yang lain adakah proses makan-memakan?”, “Sebutkan contohnya!”.
c.     Siswa diminta untuk mencatat jawaban masing-masing pada buku catatan masing-masing.
Elaborasi
a.     Guru bertanya: “Apa saja yang ingin kamu ketahui, kemukakanlah!”.
b.    Guru menuliskan pertanyaan-pertanyaan siswa pada papan tulis. Guru dan siswa memilih pertanyaan-pertanyaan yang ingin diketahui jawabannya melalui penyelidikan.
c.     Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok.
d.    Guru meminta siswa untuk menentukan urutan pertanyaan yang ingin diketahui jawabannya melalui penyelidikan dengan panduan LKS secara berkelompok.
e.    Peserta didik mengerjakan LKS secara berkelompok.
f.     Peserta didik dipandu oleh guru mendiskusikan hasil penyelidikannya dan membandingkannya dengan jawaban pada pengetahuan awal mereka.
Konfirmasi
a.     Setelah menyelesaikan diskusi kelas, guru meluruskan kesalahan pemahaman.
b.    Peserta didik diajak untuk menyimpulkan pembelajaran menjadi suatu konsep baru.
c.     Guru memberikan penguatan.
d.    Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya.
4.       Kegiatan Penutup ( 5 Menit )
a.       Bersama siswa guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari bersama.
b.    Guru memberikan pekerjaan rumah.
c.     Guru menutup pelajaran dan berdoa.
I.       Sumber dan Alat Pembelajaran
1.       Sumber                    : Buku Mata Pelajaran IPA untuk Kelas IV.
a.       Standar isi, Permendiknas No. 22 Tahun 2006
b.      Wahyono,Budi Dkk.2008.Ilmu Pengetahuan Alam kelas 4 SD.Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
c.       Sulistiyanto, Heri Dkk.2008.IPA SD untuk Kelas 4.Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
d.      K.Devi, Poppy Dkk.2008..Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD dan MI kelas 4. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
e.       Muharram,Aris Dkk.2008.Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. akarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
2.        Alat dan bahan       : Gambar macam-macam simbiosisi dan rantai makanan, Komputer/Laptop, LCD.

J.      Penilaian
Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan akhir pembelajaran.
1.       Teknik :
a.     Tertulis
b.    Kinerja
c.     Lisan
2.       Jenis :
a.     Pilihan Ganda
b.    Uraian
3.       Instrumen :
a.     LKS
b.    Daftar pertanyaan

Penilaian Aspek Afektif (Sikap)

No
Aspek Sikap
1
2
3
4
Indikator Penilaian
1
Kehadiran di kelas
1.     Tidak hadir
2.     Hadir
3.     Hadir dan serius
4.     Hadir dan aktif dalam mengikuti pembelajaran
2
Bertanya di kelas
1.      Tidak Bertanya
2.      Bertanya diluar pembahasan
3.      Bertanya seputar pembahasan materi
4.      Bertanya dengan pertanyaan yang bermutu
3
Ketepatan waktu mengumpulkan tugas
1.      Tidak mengumpulkan  tugas
2.      Mengumpulkan tugas tidak tepat waktu
3.      Mengumpulkan tugas tepat waktu
4.      Mengumpulkan tugas sebelum waktunya
4
Mendengarkan teman satu tim
1.    Tidak mendengarkan teman saat diskusi
2.    Mendengarkan tetapi tidak serius
3.    Mendengarkan dengan serius
4.    Mendengarkan dengan sangat serius
5
Peran dalam tim
1.      Tidak pernah bekerja sama
2.      Kurang bekerja sama
3.      Bekerja sama
4.      Bekerja sama dengan baik
Penilaian Aspek Psikomotor

No
Aspek Psikomotor
1
2
3
4
Indikator Penilaian
1
Keterampilan menggunakan alat
1.      Tidak terampil
2.      Cukup Terampil
3.      Terampil
4.      Sangat terampil
2
Keterampilan merancang kegiatan
1.      Tidak terampil
2.      Cukup Terampil
3.      Terampil
4.      Sangat terampil
3
Keterampilan melaksanakan kegiatan
1.      Tidak terampil
2.      Cukup Terampil
3.      Terampil
4.      Sangat terampil

Penilaian Aspek Kognitif

Ulangan Harian
No
Bentuk
No Soal
Skor
Skor Maksimal
1
PG
1-10
1
10
2
Uraian
1
3
20
2
9
3
3
4
2
5
3


            Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Aspek
Jumlah Skor
Nilai
Afektif
Psikomotor
Kognitif
1
2
3
4
5


                                                                                                Wedarijaksa, 26 September 2013
Mengetahui                                                                                        
Kepala Sekolah                                                                       Sosialitator



...............................                                                                 Muharram Adruce Noor
NIP                                                                                         NIM 1401412323












Lampiran
Materi Ajar
A.    Hubungan Antarmakhluk Hidup
Hubungan khusus antarmakhluk hidup disebut dengan simbiosis. Simbiosis dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu, simbiosis mutualisme, simbiosis paratisme, dan simbiosis komensalisme.
1.      Simbiosis Mutualisme
Simbiosis mutualisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang bersifat saling menguntungkan. Contohnya simbiosis antara seekor kerbau dengan burung jalak. Kerbau memperoleh keuntungan dengan habisnya kutu-kutu yang menempel di tubuhnya, sedangkan burung jalak merasa untung karena mendapatkan makanan berupa kutu.
Contoh lainnya adalah hubungan antara kupu-kupu atau lebah dengan tanaman berbunga. Kupu-kupu dan lebah membutuhkan nektar yang terdapat pada bunga sebagai makanannya. Bunga membutuhkan kupu-kupu atau lebah untuk membantu terjadinya proses penyerbukan. memiliki hubungan simbiosis mutualisme dengan bunga.

2.      Simbiosis Paratisme
Ada kalanya hubungan antarmakhluk yang satu diuntungkan dan yang lainnya dirugikan. Pernahkah kalian melihat tanaman tali putri melilit pada tanaman pagar? Bagaimanakah keadaan induk tanaman tersebut? Apakah mereka dapat tumbuh subur? Dapatkah kamu menjelaskannya? Hubungan antar makhluk hidup yang salah satunya dirugikan disebut simbiosis parasitisme. Contoh lainnya dapat kamu temukan pada pohon mangga yang ditempeli benalu.
Benalu termasuk tumbuhan parasit, benalu hidup pada tumbuhan atau makhluk hidup lain sehingga merugikan makhluk hidup yang ditumpanginya. Tumbuhan yang ditumpangi benalu disebut tumbuhan inang.
3.    Simbiosis Komensalisme
Simbiosis komensalisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang menguntungkan salah satu pihak, tetapi tidak merugikan pihak lain. Misalnya hubungan antara ikan hiu dengan ikan remora. Ikan remora yang berenang di dekat tubuh ikan hiu akan turut menjelajah ke mana pun ikan hiu itu pergi. Ikan remora menjadi aman dari ancaman ikan pemangsa lain karena ikan pemangsa takut terhadap ikan hiu. Sedangkan bagi ikan hiu, ada tidaknya ikan remora tidak berpengaruh terhadapnya.





B.     Rantai Makanan
b.      Rantai makanan adalah perjalanan makan dan dimakan dengan urutan tertentu antarmakhluk hidup.
Dalam suatu lingkungan, di samping terjadi peristiwa hewan memakan tumbuhan, juga terjadi peristiwa hewan memakan hewan lainnya. Peristiwa ini disebut hubungan makan dan di  makan. Perhatikanlah Gambar 5.5.


Di dalam lingkungan sawah tersebut, tikus akan memakan padi dan ular akan memakan tikus. Peristiwa makan dan dimakan ini dinamakan rantai makanan. Rantai makanan tersebut dapat digambarkan seperti Gambar 5.6 berikut.
Dapatkah kamu menyebutkan contoh lain rantai makanan? Mungkin, kamu dan temanmu telah menyebutkan rantai makanan yang lain. Kamu akan melihat bahwa awal suatu rantai makanan selalu dimulai dari tumbuhan. Hal ini disebabkan tumbuhan dalam suatu rantai makanan berfungsi sebagai produsen. Produsen adalah penghasil makanan bagi makhluk hidup lainnya. Hewan yang memakan tumbuhan disebut konsumen tingkat pertama. Selanjutnya, hewan yang memakan konsumen tingkat pertama disebut konsumen tingkat kedua. Adapun hewan yang memakan konsumen tingkat kedua disebut konsumen tingkat ketiga. Dapatkah kamu menyebutkan hewan apa saja yang menempati masing-masing tingkatan konsumen pada Gambar 5.5?
Coba perhatikan kembali Gambar 5.5. Pada gambar tersebut, kamu akan mendapat bahwa tanaman padi tidak hanya dimakan oleh tikus. Padi dimakan juga oleh ulat dan belalang. Sementara itu, ulat dan belalang dimakan oleh burung pemakan serangga.  Burung pemakan serangga dimakan oleh burung elang.
Jadi, pada suatu lingkungan dapat ada lebih dari satu rantai makanan. Dapatkah kamu menyebutkan, ada berapakah rantai makanan yang terdapat pada Gambar 5.5? Rantai-rantai makanan tersebut dapat dibentuk menjadi suatu jaring-jaring makanan. Jaring-jaring makanan pada gambar ter  sebut dapat digambarkan pada bagan berikut.
Dari uraian tersebut, dapat dilihat bahwa rantai-rantai makanan dalam suatu lingkungan dapat saling berkaitan. Kumpulan dari beberapa rantai makanan yang berkaitan disebut  jaring-jaring makanan.
Ada satu lagi komponen yang berperan dalam rantai makanan yaitu pengurai. Pengurai adalah makhluk hidup yang menguraikan kembali zat-zat yang semula terdapat dalam tubuh hewan dan tumbuhan yang telah mati. Hasil kerja pengurai dapat membantu proses penyuburan tanah. Contoh pengurai adalah bakteri dan jamur.



KISI-KISI SOAL

Sekolah                       : SD Negeri 1 Bangsal Rejo
Mata Pelajaran            : IPA
Alokasi Waktu            : 1 X 20 menit (1 kali pertemuan)
Kelas / Semester          : IV/ 1
Kompetensi
Dasar
Materi Pokok
Indikator
Bentuk soal
Teknik Penilaian
Ranah kognitif
Nomor Soal
PG
Esay
5.1  Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas  (simbiosis) dan hubungan “makan dan dimakan” antarmakhluk hidup (rantai makanan).
Simbiosis dan Rantai makanan

5.1.1. Menjelaskan hubungan khas antarmakhluk hidup (simbiosis).
5.1.2.Mengidentifikasi pasangan makhluk hidup berdasarkan jenis simbiosisnya.
5.1.3.Memberi contoh pasangan makhluk hidup berdasarkan jenis simbiosisnya.
5.1.4 Menjelaskan hubungan makan dan dimakan antarmakhluk hidup (rantai makanan).
5.1.5 Menyusun rantai makanan.

Pilihan ganda dan esay
Tes tertulis
C2






C2





C6






C2






C4



1-2






3-4





5-6






7-10

1






2





3






4






5
Standar Kompetensi   :5. Memahami hubungan sesama makhluk hidup  dan antara makhluk    hidup dengan lingkungannya.




Uji Kompetensi
Rounded Rectangle: Nama    :
Nomor Presensi  :
 


           
                                                                       
A.    Isian Singkat
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan member silang pada jawaban yang tepat.
1.      Berikut ini ada beberapa jenis tanaman.
(1) Tanaman Anggrek
(2) Tanaman Benalu
(3) Tanaman Paku Sarang
(4) Tanaman Tali Putri
Tanaman yang hidupnya simbiosis komensalisme adalah . . . .
a. (1), (2).                                                        c. (2), (3).
b. (1), (3).                                                        d. (2), (4).
2.      Seorang petani memiliki kerbau. Pada tubuh kerbau tersebut banyak terdapat kutu yang sangat mengganggu kehidupan kerbau. Kemudian kerbau tersebut digembala di lapangan rumput dan secara tiba-tiba datang burung jalak hinggap di punggung kerbau sambil memakan kutu dari punggung kerbau. Peristiwa ini termasuk simbiosis  . . . .
a. netralisme.                                                   c. komensalisme.
b. mutualisme.                                                 d. parasitisme.
3.      Perhatikan gambar di bawah ini.
Gambar di atas termasuk simbiosis mutualisme karena . . . .
a.       bunga dibantu penyerbukan oleh kupu-kupu dan kupu-kupu mendapat makanan dari bunga.
b.      bunga kehabisan makanan oleh kupu-kupu karena kupu-kupu mendapat makanan dari bunga.
c.       bunga dibantu penyerbukan oleh kupu-kupu, dan kupu-kupu tidak mendapat makanan dari bunga.
d.      bunga dibantu penyerbukan oleh angin, dan kupu-kupu tidak nmendapat makanan dari bunga.
4.      Jumlah lebah akan banyak jika ada tanamannya yang berbunga karena lebah tidak bisa hidup tanpa . . . .
a.       daun tanaman.                                                       c. bunga tanaman.
b.      akar tanaman.                                                        d. batang tanaman.
5.      Jika kamu menanam bunga anggrek pada pohon mangga, pohon mangga tidak terganggu juga tidak diuntungkan karena tanaman anggrek hidupnya dengan cara . . . .
a.       simbiosis mutualisme.                                           c. simbiosis parasitisme.
b.      simbiosis netralisme.                                             d. simbiosis komensalisme.
6.      Tanaman tali putri berwarna kuning hidupnya harus pada tanaman lain atau inang. Tanaman inang ini lama-lama akan mati karena tanaman tali putri ini hidupnya dengan cara . . . .
a.       simbiosis komensalime.                                         c. simbiosis netralisme.
b.      simbiosis parasitisme.                                            d. simbiosis mutualisme.
7.      Jika di sebuah petakan sawah  yang ditanami padi terdapat ulat, burung, ular, katak, dan capung. Maka, akan terjadi rantai makanan sebagai berikut . . . .
a.       Padi           Belalang          Ular
b.      Padi           Burung            Katak
c.       Padi           Belalang          Burung
d.      Padi           Capung            Katak
8.      Pada rantai, makanan tumbuhan sebagai produsen Karena memiliki . . . .
a.       warna hijau daun.                                                  c. warna buah.
b.      Warna batang .                                                      d. warna bunga.
9.      Yang tidak termasuk macam simbiosis adalah ....
a. simbiosis mutualisme                                               c. simbiosis komensalisme
b. simbiosis komunitasisme                                         d. simbiosis parasitisme
10.  Makhluk hidup yang tergolong pengurai adalah ....
a. belalang                                                                   c. katak
b. ular                                                                          d. jamur



B.     Uraian.
Jawab pertanyaan berikut ini dengan benar!
1.      Perhatikan gambar di bawah ini!
Gambar tersebut merupakan contoh simbiosis mutualisme. Jelaskan!
2.      Tumbuhan paku hidup menempel pada pohon mangga, tetapi tidak merugikan tumbuhan mangga, mengapa? Beri penjelasan!
3.      Berikan 2 contoh tanaman parasit yang kamu kenal! Mengapa tumbuhan tersebut termasuk parasit.
4.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan Rantai makanan danberikan contohnya!
5.      Buatlah poster “Rantai Makanan” pada kertas gambar. Beri warna yang indah dan lengkapi dengan keterangannya! Tempelkan di dinding kelasmu.

















Kunci Jawaban
Isian Singkat
1.      B
2.      B
3.      A
4.      C
5.      D
6.      B
7.      C
8.      A
9.      B
10.  D

Esai
1.      Pada gambar tersebut terdapat bungga yang di hinggapi oleh lebah. Termasuk simbiosis mutualisme karena bungga dibantu penyerbukan oleh lebah dan lebah mendapatkan madu dari bunga, jadi antara bunga dan lebah saling mendapat keuntungan.

2.      Karena tumbuhan paku termasuk jenis tumbuhan yang bukan parasit, termasuk dalam tumbuhan Komensalisme. Yang satu untung yang satu tidak dirugikan.

3.      Contoh tumbuhan yang termasuk parasit : 1. Benalu, 2. Raflesia Arnoldi yang hidup pada inangnya. Karena benalu merugikan tumbuhan yang ditempelinya. Inang akan mati dan benalu akan tetap hidup, begitu juga tumbuhan raflesia arnoldi.

4.      Rantai makanan adalah perjalanan makan dan dimakan dengan urutan tertentu antarmakhluk hidup. Contoh tanaman padi tidak hanya dimakan oleh tikus. Padi dimakan juga oleh ulat dan belalang. Sementara itu, ulat dan belalang dimakan oleh burung pemakan serangga.  Burung pemakan serangga dimakan oleh burung elang.

5.      Terlampir.




Penilaian
Uji Kompetensi

No
Bentuk
No Soal
Skor
Skor Maksimal
1
PG
1-10
1
10
2
Uraian
1
3
20
2
3
3
3
4
2
5
9

Nilai Akhir : (Pilihan Ganda + Uraian)
                                   3





Tidak ada komentar:

Posting Komentar